Kamis, 07 November 2013

#PTI Komunitas Online

Di zaman serba berkebutuhan internet masyarakat yang sering memanfaatkan sarana internet sebagai kebutuhan seiring berjalannya waktu masyarakat itu membentuk suatu kelompok kelompok yang mempunyai satu visi yang sering kita sebut sebagai kelompok atau komunitas online.
Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di Indonesia mengalami perkembangan yang luar biasa seiring kemajuan pesat teknologi itu sendiri. Pengguna sosial media seperti Facebook, Twitter, Blog, You Tube, Koprol, Kaskus, MIG33 meningkat tajam di Indonesia. Data dari PB+ 2010 menyebutkan bahwa pengguna Blog di Indonesia hampir mencapai 2 juta orang,sedang pengguna Facebook di Indonesia mencapai 25 juta orang per Juli 2010,bahkan pengguna Twitter di Indonesia berada diperingkat 6 dunia (2,41% dari total pengguna twitter dunia). Ini membuktikan bahwa orang Indonesia sangat gemar untuk berinteraksi dan berteman. Dari interaksi-interaksi yang intens antar sesama pengguna sosial media,terciptalah beragam komunitas online. Berbicara tentang komunitas,ada baiknya kita mengetahui dulu apa arti dari komunitas itu. Komunitas adalah kumpulan orang yang saling berinteraksi diantara anggotanya berdasarkan adanya kesamaan. Komunitas terbentuk bisa karena kesamaan asal daerah dari anggotanya (misal: Paguyuban Madura,Komunitas Lampung,Komunitas Anak Medan), kesamaan nama (misal: Komunitas Asep), kesamaan hobby (misal: Komunitas Mancing Mania,Komunitas Parkour), kesamaan profesi(misal: Lawyer Club, Ikatan Akuntan Indonesia), kesamaan menggunakan produk tertentu (misal : Komunitas Yamaha Club,Komunitas Honda Tiger), kesamaan ngefans klub olahraga (misal : komunitas MU Mania,Jak Mania), kesamaan menggunakan platform online tertentu (misal: Komunitas Blogger, Tweeps, Facebooker). Sebuah komunitas harus melakukan kegiatan rutin yang menandakan bahwa komunitas itu eksis. Dengan kata lain sebuah komunitas tanpa kegiatan menandakan komunitas itu mati. Beberapa contoh kegiatan rutin komunitas:Komunitas Parkour Jakarta rutin melakukan latihan fisik di Senayan setiap weekend, Komunitas Sepeda Onthel rutin ngumpul dan bersepeda ria saat Car Free day, Komunitas B-H-I rutin nongkrong bareng Jumat malam di seputar Bunderan HI. Tentunya orang-orang yang bergabung dalam sebuah komunitas melakukan satu kegiatan bersama dalam suasana bersahabat dan menyenangkan.. KOMUNITAS ONLINE dan KEUNIKANNYA Komunitas online merupakan komunitas yang mempunyai keunikan tersendiri. Dibilang unik karena para anggota didalam sebuah komunitas online bisa secara bersama-sama melakukan suatu aksi tanpa harus berkumpul di satu tempat. Onliner New York,Denpasar,Palu,Jakarta,Seoul,Semarang,Surabaya,Bandung yang bergabung dalam sebuah komunitas dapat melakukan satu aksi kampanye secara berbarengan melalui internet (contoh: Kampanye anti Global Warming,kampanye dukung Pulau Komodo,kampanye gemar membaca buku). Namun onliner juga manusia,merasa tak afdol jika belum berinteraksi langsung secara fisik dengan onliner lainnya. Terjadilah pertemuan para onliner di dunia nyata yang umumnya dinamakan Kopdar. Kopdar adalah suatu bentuk komunikasi nyata pelaku dunia maya dimana orang yang ikut kopdar itu bisa saling berkenalan secara pribadi atau sharing ilmu dan pengalaman. Tak bisa dipungkiri bahwa secara psikologis jika sesorang rutin bertemu dan berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai kesamaan minat di sebuah komunitas akan menimbulkan ikatan emosional tersendiri dihati orang tersebut terhadap komunitasnya. Macam- macam komunitas online: 1. Facebook 2. Twitter 3. Kaskus 4. Dll Kemampuan komunitas online untuk menyatukan manusia dalam ruang lingkup global bisa mendatangkan banyak manfaat Tetapi berhati- hatilah karena cakupannya yang terlalu besar. Komunitas online bisa menjadi tempat strategis bagi para penjahat untuk mengincar anda. Yang sering terjadi biasanya adanya pencurian identitas dan pelecehan. Kebanyakan korbannya adalah anak- anak. Selain itu banyak psikolog yang mengkhawatirkan bahwa terlalu banyak berinternet membuat orang melupakan kehidupan nyata di masyarakat.

Berikut merupakan komunitas komunitas online yang sudah terkenal ke seluruh penjuru Indonesia:

1. Kaskus

SEJARAH SINGKAT
Saya mulai dari KASKUS. Kaskus adalah suatu situs yang berbentuk FORUM dan merupakanforum internet terbesar di Indonesia. Diciptakan pada tanggal 6 November 1999 hingga saat ini Kaskus memiliki anggota 4.418.059 orang pada saat saya menulis artikel ini.
Update terbaru dari KASKUS, mereka merubah domain dari http://www.kaskus.us menjadi http://www.kaskus.co.id, sayangnya perubahan itu tidak disertai fasilitas redirect dari domain lama, hal ini tentunya menyulitkan pengguna yang sudah mem-bookmark atau yang telah terbiasa dengan domain lama.

CIRI KHAS
Anggota Komunitas Kaskus mendapat julukan "Kaskuser".
Ciri khas yang sangat menonjol dari komunitas ini adalah sebagian besar pengguna, memanggil pengguna lain dengan sebutan "GAN" atau kependekan dari JURAGAN, Dengan panggilan tersebut, Kaskuser mendapatkan persamaan derajat, karena logikanya, tentu saja kalo semua dipanggil GAN, maka otomatis semua KASKUSER adalah JURAGAN.
Komunitas Online Kaskus terbagi-bagi dalam setiap thread, biasanya mereka mengadakan KOPDAR (Kopi Darat) atau Gathering menurut thread yang sering diikutinya. Misalnya Supranatural, Regional (menurut lokasi masing-masing), Komputer, Games, dll.

PLUS MINUS
Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari forum Kaskus ini, info-info menarik ter-update bisa kita temukan disitu sesuai dengan minat kita, saking up-to-date nya, bahkan saya berani bilang kalo kaskus adalah kiblat forum-forum Indonesia. Banyak postingan dari pengguna Kaskus yang diadopsi oleh pengguna forum lain.
Forum jual beli di kaskus juga banyak penggunanya, hampir semua produk dan jasa bisa kita temukan dengan mudah.
Meskipun demikian, bukan berarti kaskus gag ada minusnya loh, saya tahu bahwa kaskus banyak penggunanya. Wajar saja kalo kaskus sering "Over Posting" dimana dalam kondisi tersebut, kita tidak akan bisa mengakses kaskus untuk sementara waktu. Selain itu, banyak kasus penipuan yang terjadi di forum jual beli yang mengakibatkan menurunnya kepercayaan masyarakat untuk bertransaksi secara online, padahal kan prospek jual-beli online sebenarnya sangat bagus.

2. Mig 33

SEJARAH SINGKAT
Mig33 dirilis pada bulan Desember 2005 sebagai komunitas Internet mobile pertama dan telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat. Dengan berjuta-juta pelangan di lebih dari 200 negara, pelayanan ini telah menguasai dunia secepat kilat, menyebar berkat rekomendasi dari para usernya. Hingga saat artikel ini diterbitkan, user mig33 mencapai 30 juta orang di dunia, dan sebagian besar penggunanya adalah INDONESIA.
Konsep awal Mig33 sebenarnya adalah untuk aplikasi chatting mobile platform namun semakin berkembangnya teknologi dunia maya, Mig33 melebarkan sayapnya. Mig33 menciptakan game online, pertukaran virtual gift, sistem virtual monetary, dan yang terbaru adalah mini blog, sebuah jejaring sosial ala Mig33.

CIRI KHAS
Anggota Komunitas Mig33 terbagi-bagi dalam setiap Chat Room. Mereka saling berinteraksi sesama anggota room-nya masing-masing. Biasanya user Mig33 mengadakan KOPDAR rutin dengan rentang waktu yang mereka tentukan.
Sesuatu yang khas melekat pada user Mig33 adalah, penggunaan kata-kata umum yang disingkat-singkat, (mengingat konsep awal Mig33 adalah untuk platform mobile device) misalnya kata ASKUM yang berasal dari kata Asalamu Alaikum dan kata LEP yang berasal dari kata Left / Keluar dari Chat Room.

PLUS MINUS
Untuk tujuan menghilangkan kejenuhan, Mig33 adalah salah satu alternatif yang sangat baik. Selain itu, mencari teman dengan mudah dapat kita lakukan di Mig33 hanya dengan memasuki Chat Room dengan karakter orang yang berbeda-beda disana.
Minusnya Mig33 adalah, tidak ada keterbatasan konten yang membuat penyebaran hal negatif dapat dilakukan di Mig33, mengingat Mig33 adalah aplikasi chat segala usia yang mana semua usia dapat menggunakan aplikasi ini tentunya hal ini sangat riskan untuk pengguna dengan usia dini.
Selain itu, banyaknya pengguna yang melakukan spamming, abusing, flooding, yang membuat jenuh dan juga otomatis memakan bandwidth yang banyak

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar

 
;